Sabtu, 06 April 2013


"Cyber Crime dan Psikologi"


          Dimulai dari tanggal 27 maret sampai 28 maret, saya telah melakukan survey online kepada rekan-rekan saya yang bergelut dalam dunia IT mengenai topic “Cyber Crime dan Psikologi”. Survey ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui, apakah perkembangan dunia IT berpengaruh terhadap psikologis manusia, dan apakah tindakan cyber crime merupakan salah satu efek negative dari perkembangan IT?
Dan para  responder dari topic yang saya buat berjumlah 40 responder.
Berikut merupakan hasil dari survey online yang saya lakukan:


1.       Seberapa pentingkah peran psikologi dalam perkembangan dunia IT?




2.      Apakah pendapat anda mengenai kejahatan dunia maya(cyber crime?
kebanyakan dari mereka menjawab bahwa Cyber Crime merupakan sesuatu yang sangat berbahaya,
merugikan, dan sangat menyebalkan.
 
3.     
Menurut anda, apakah yang menjadi alasan utama seseorang melakukan kejahatan dunia maya (Cyber Crime).
Kebanyakan dari para responden menjawab bahwa pelaku Cyber Crime melakukan hal tersebut hanya       untuk bersenang-senang dan mencari  uang. Hal inilah yang terjadi jika salah seorang ahli IT sudah memiliki kemampuan yang tinggi. Karena dia akan mencari sesuatu yang lebih lagi untuk mencoba kemampuannya, salah satu caranya adalah dengan mencoba meretas suatu system yang hebat/terkenal.

4.     
Menurut anda, perlukah seorang pelaku cyber crime diberi arahan secara psikologi?

Kebanyakan dari para responden menjawab ya, hal ini di sebabkan karena sebenarnya para pelaku Cyber Crime merupakan seseorang yang kompeten, tetapi dia memerlukan sebuah dorongan untuk dapat mengubah persepsinya mengenai dunia maya. 

   
5.     
Jika anda menjawab ya pada pertanyaan no 4, menurut anda arahan seperti apa yang perlu diberikan pada pelaku cyber crime tersebut?
responden yang menjawab ya mengatakan bahwa mereka ini
Ingin memberikan pengarahan dalam bidang rohani keppada pelaku cybercrime, karena menurut mereka pelaku Cyhber Crime ini adalah orang-orang hebat yang Imannya kurang.

6.     
Apakah kita perlu mengurangi atau bahkan memusnahkan Cyber crime dari dunia maya?


7.     
Jika anda menjawab ya pada pertanyaan no 6, berikan alasan anda!
para responder yang menjawab ya pada pertanyaan no 6 mempunyai alasan agar mereka dapat menggunakan internet dengan aman dan nyaman, dan agar  tidak ada lagi kejahatan di dunia maya. Ini  masuk di akal juga, kenapa di dunia maya harus ada kejahatan seperti di dunia nyata?kenapa dunia tidak  harus sempurna seperti yang manusia inginkan? Hal itu karena tidak ada yang sempurna di dunia ini. maya  Hanya Tuhan lah yang sempurna.


8.     
Jika anda menjawab tidak pada pertanyaan no 6, berikan alasan anda!
para responder yang  menjawab tidak pada pertanyaan no 6 mempunyai alasan yang bervariasi, mulai dari hilangnya pekerjaan cyber police jika mereka tidak ada, tidak adanya software-software gratis yang dapat kita gunakan lagi dengan Cuma-Cuma, tidak adanya pengkoreksi dalam dunia maya, dsb. hal ini memang benar adanya, menurut saya Cyber Crime adalah bentuk penyempurnaan dari dunia maya itu sendiri. 

9.       
Apakah kegiatan Hacking termasuk dalam Cyber Crime, berikan pendapat anda!
para responder kebanyakan menjawab bahwa hacking merupakan sebuah tindak kejahatan(Cyber Crime). Padalhal sebenarnya hacking dan cracking itu berbeda, jadi hacking bukan merupakan sebuah tindak Cyber crime, melainkan hacking hanya mencoba untuk masuk ke dalam system, dan memeberi  tahu si pembuat system di mana terletak kesalahan/celah dari system miliknya tersebut.

10. 
  keberadaan Cyber Police sekarang ini sudah menjamin keamanan dunia maya? berikan pendapat anda mengenai hal ini!
para responder kebanyakan menjawab belum atau tidak, karena menurut mereka masih saja ada tindak kejahatan(cyber crime) yang terjadi di dunia maya, dan juga karena jumlah cyber police yang  masih sedikit dan kemampuan cyber police yang masih di bawah para pelaku cyber crime. Tapi 
menurut saya itu sudah merupakan kegitan maksimal yang dapat di lakukan oleh cyber police di seluruh dunia ini, bayangkan jika tidak ada cyber police, data rekening seluruh bank dunia ppasti sudah akan hilang dan terjadilah kiamat dunia maya(CyberGeddon).

Testimony survey online:
            Survey online yang saya lakukan berjalan dengan lancar, dan hal ini merupakan kegiatan yang sangat bagus di lakukan dalam zaman kemajuan IT seperrti sekarang ini, karena tentunya lebih mudah menemukan orang/promosi di dunia maya daripada di dunia nyata. Tapi kendala saya dalam menjalankan survey ini adalah sedikitnya minat para responder untuk melakukan survey yang paling lama di lakukan hanya 3 menit saja. Kurangnya kepedulian adalah salah satu penyebabnya.

            Mungkin hanya sampai disini saya bisa menyapaikan analisa mengenai Cyber Crime dan Psikologi. Jika ada kata-kata yang salah dan tidak berkenan di hati, mohon sekiranya di maafkan.

terimakasih… 

0 komentar:

Posting Komentar

Musik

Cari Artikel Blog